oleh

Selamatkan Warga, Satgas Pamtas RI-PNG Menerima Penghargaan

Visit.co.id– Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring yang diwakili oleh Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem 172/PWY Kolonel Inf Yuswanto memberikan penghargaan kepada prajurit Satgas Pamtas RI-PNG di wilayah Kolakops Korem 172/PWY yakni kepada personel Yonif 711/RKS dan Yonif 126/KC.

Penghargaan diberikan secara simbolis bertempat di Pos Waris Satgas Yonif 126/KC, Kampung Banda, Distrik Waris, Kab. Keerom, Papua, Selasa (11/10). Dan disaksikan oleh Kepala Kampung dan Tokoh Masyarakat Kampung Banda.

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi personel Yonif 711/RKS dari Pos Wambes yang telah menyelamatkan dua orang anak Papua yang hanyut di sungai Kampung Wambes dan Personel Yonif 126/KC dari Pos Waris yang telah menerima sebanyak lima pucuk senjata rakitan dari masyarakat Kampung Sanggaria secara sukarela.

Dalam kesempatannya Kasiops menyampaikan, bahwa penghargaan yang diberikan saat ini merupakan bentuk apresiasi dari Komandan Korem 172/PWY atas kerja keras para prajurit yang mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kami bangga kepada kalian semua, meski diakhir-akhir penugasan di Tanah Papua, kalian tetap bekerja dengan penuh dedikasi yang tinggi untuk negara dan bangsa ini, terlebih membantu segala kesulitan masyarakat yang berada di wilayah penugasan kalian, untuk itu kalian patut mendapatkan penghargaan ini,” katanya.

Diakhir masa penugasan ini, lanjut Kasiops, para prajurit harus tetap memberikan kontribusi positif kepada masyarakat sekitar. “Tidak ada yang melakukan hal-hal yang dapat mencederai martabat TNI, apalagi sampai menyakiti hati masyarakat Papua. Tinggalkan kesan terbaik bagi masyarakat sehingga mereka tidak rela dengan kepergian kalian. Itulah salah satu indikator penugasan kalian di Tanah Papua berhasil,” ujar Kasiops.

Kepala Kampung Banda, Joni Mai (60), menuturkan bahwa pelaksanaan tugas dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC selama ini sangat baik.

“Bagi kami masyarakat di Kampung Banda ini menilai bahwa Satgas 126/KC telah melakukan yang terbaik untuk masyarakat, kerjasama dan komunikasi dengan masyarakat terjaga dengan baik. Bahkan atas nama masyarakat, saya meminta maaf karena tidak bisa memberikan apapun sebagai tanda terima kasih kepada anggota Satgas 126/KC khususnya Pos Waris. Kami hanya bisa memberikan doa agar mereka bisa kembali ke satuan asal dengan aman dan lengkap,” imbuhnya.

“Saya berharap, satgas yang baru nantinya juga dapat bekerjasama dengan masyarakat, sebab TNI dan Polri adalah benteng negara sehingga hubungan dan komunikasi dengan masyarakat harus terus berjalan,” harap Joni Mai.

Selain memberikan penghargaan, Kasiops Korem 172/PWY juga melaksanakan pengecekan dan peninjauan pos dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/RKS dan Yonif 126/KC.

Sementara itu, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring selaku Dankolakops pada kesempatan lain berharap melalui pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi prajurit dalam bertugas.

“Seperti yang pernah saya sampaikan juga bahwa kita akan memberikan penghargaan dari setiap prestasi yang ditorehkan oleh para prajurit, sekecil apapun itu harus kita apresiasi sehingga para prajurit-prajurit lainnya akan terpacu dan termotivasi untuk terus melakukan yang terbaik khususnya meningkatkan kepedulian dalam membantu masyarakat. (has/fer)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.