V I S I T U T A M A

Visit.co.id– Ketua Kelompok Parlemen Sahabat Palestina – Turki dan anggota Badan Pelaksana Ikatan Parlemen untuk Al-Quds, aleg Hasan Turan menegaskan, kesepakatan Deal of Century (perjanjian abad ini) adalah pengkhianatan abad ini. Turki tidak mungkin mengijinkan realisasinya atau menerimanya dan sudah menyampaikan sikapnya yang jelas.

Turan menjelaskan di sela-sela seminar yang digelar Ikatan Parlemen untuk Al-Quds dengan tema “kenapa Turki tak melepaskan Palestina?” bahwa upaya sebagian negara Arab mempromosikan Deal of Century tidak berarti memberikan legalitas terhadap kesepakatanini. Deal of Century adalah rencana pencurian terhadap apa yang tersisa dari wilayah Palestina. Negara Turki melalui lisan presiden Recep Taib Erdogan menegaskan bahwa pihaknya akan selalu menghadang rencana ini dan mengibatkan slogan “Al-Quds dan Palestina garis merah yang tidak boleh dilanggar”.

Turan mengingatkan, kesepakatan-kesepakatan normalisasi terakhir antara negara-negara Arab dan Israel tidak bisa diterima dan bertentangan dengan logika dan menghinakan negara-negara itu. Sebab tidak akan menguntungkan mereka dan hanya mendorong permusuhan-permusuhan dan kekerasan Israel terhadap rakyat Palestina. Pembelaan terhadap Palestina adalah kewajiban Turki, bangsa Arab dan umat Islam.

Turan melanjutkan, “Kami mendukung berdirinya negara Palestina di forum-forum internasional dan parlemen-parlemen dunia. Kami tidak akan berpaling dari isu Palestina. Kompromi dan membiarkan Palestina serta Masjidil Aqsa adalah hal mustahil bagi kami dan tidak mungkin menjadi salah satu agenda dari negara Turki.”

Turan menyinggung penderitaan bangsa Palestina tidak boleh didiamkan harus didengarkan dan harus ada gerakan untuk mengakhiri dan menghentikannya. Isu Palestina adalah isu kemanusiaan sebelum menjadi isu-isu keumatan atau isu umat Islam.

Ia memperingatkan bahaya rencana yahudisasi Israel besar-besaran di Al-Quds yang mencakup seluruh bidang kehidupan. Dunia Islam dituntut menyatukan upaya mendukung isu Palestina dan kota suci Al-Quds.

REKOMENDASI:  Band Rock Amerika Kutuk Kekerasan Israel Di Yerusalem Dan Gaza

Turan menambahkan, masyarakat internasional saat ini tidak merealisasikan resolusi-resolusi terhadap Israel penjajah. Inilah yang menyebabkan penjajah ini makin gencar dalam melakukan tindakan-tindakan permusuhannya. PBB dan masyarakat internasional dituntut menggunakan nurani dan menjalankan tugasnya serta kewajibannya terhadap isu Palestina serta menekan Israel untuk merealisasikan resolusi-resolusi internasional (PBB).

Israel dinilai sebagai anak manja dari kekuatan imperialisme modern. Kota Al-Quds menjadi saksi bagi penderitaan di depan mata dunia dan lembaga-lembaga internasional tanpa ada satupun yang bergerak.

Ia menyebutkan Al-Quds menjadi saksi atas kebebasan beragama sebelum adanya imperialisme Inggris dan penjajah Israel. Karena itu, Turki menolak semua tindakan permusuhan kecil dan blokade terhadap Jalur Gaza. Bangsa Palestina yang terisolasi menghadapi teknologi canggih dan senjata mematikan, pelanggaran dan permusuhan yang bertentangan dengan hukum internasional.

Ia melanjutkan Israel negara zalim yang melakukan pembangunan permukiman yahudi, mengusir warga Palestina dari tanah air mereka, mencuri apa yang tersisa dari wilayah Palestina dari tangan warganya. Dukungan Amerika tanpa batas kepada Israel dinilai tidak akan membuat Turki menghentikan dukungannya terhadap Palestina.

“Stabilitas dan keamanan Istanbul serta ankara adalah stabilitas bagi al-Quds. Komite persahabatan parlemen Palestina – Turki adalah komite terpenting di parlemen. Setiap hari kami memiliki sehari untuk Palestina di parlemen Turki hubungan kami dengan Palestina adalah hubungan persaudaraan, hubungan berkelanjutan dan kami senantiasa menyampaikan kepada parlemen Turki tentang berita-berita tentang Palestina.” Tegasnya.

Al-Quds adalah persoalan mendasar bagi kami. Ada studi di parlemen Turki untuk menguatkan kerjasama ekonomi terhadap Palestina dan dibahas di kementerian perdagangan. Parlemen Turki menyampaikan rekomendasi untuk ditambahkannya komoditas Palestina yang masuk ke Turki.

Turan menyinggung hubungan antara Turki dengan Israel bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan mewarisi hubungan itu dari pemerintahan sebelumnya. Hubungan hanya bersifat sangat terbatas (dalam batas paling minim) sejak Partai ini berkuasa dan mengendalikan pemerintahan. Sebelumnya siapa pun yang mendukung isu Palestina ditangkap, akan tetapi sekarang semua pejabat Turki mendukung Palestina. (at/pip)

REKOMENDASI:  Israel Tak Terkalahkan Hanya Mitos, Hizbullah Membuktikannya

Sumber: Arabi21
Sourch:Melayu.palinfo.

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here