V I S I T U T A M A

Visit.co.id- Gubernur Khofifah Indar Parawansa didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, datang ke Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Minggu petang (11/4/2021).

Pemimpin jajaran Forkopimda tingkat Jawa Timur itu, bermaksud untuk meninjau secara langsung, bagaimana percepat penanganan pasca gempa, dipastikan telah berjalan dengan baik.

Khofifah menyampaikan, bahwasanya warga terdampak gempa akan mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui BNPB.

“Ada yang ingin saya sampaikan pada Bupati Lumajang dan warga terdampak gempa. Bahwa ada bantuan dari BNPB untuk rumah kategori rusak berat akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 50 juta, rusak sedang Rp. 24 juta, dan rusak ringan Rp.10 juta. Ini menunggu percepatan verifikasi data dari masing – masing daerah,” kata Khofifah pada awak media.

Sambil menunggu, bagi warga yang rumahnya masuk kategori rusak berat atau sedang menuju berat, masih ada bantuan uang hunian Rp. 500 ribu setiap bulan untuk sewa rumah, selama selang waktu rumahnya diperbaiki.

“Saya ingin, informasi ini tersampaikan pada masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang terdampak gempa kemarin yang informasinya 6,7 skala richter dan sudah kami konfirmasikan ke BMKG menjadi 6,1 skala richter,” imbuhhya.

Selebihnya Khofifah berterima kasih pada jajaran TNI – Polri dan relawan yang sudah bersama – sama, kompak melakukan percepatan penanganan terhadap dampak gempa yang terjadi.

Selebihnya Khofifah meminta pada masyarakat, untuk tetap waspada namun tidak usah panik,” imbuh Khofifah.

“Kami ucapkan terima kasih sekali kepada seluruh jajaran TNI dan Polri yang langsung turun melakukan penanganan efektif, dan percepatan pelayanan kepada masyarakat. Terima kasih juga kepada semua relawan yang sudah bahu membahu gotong royong membantu masyarakat. Tentu kepala daerah menjadi bagian yang sangat penting untuk bisa mengkoordinasikan percepatan pelayanan dari masyarakat yang terdampak gempa,” pungkasnya.

REKOMENDASI:  Awas Mortir Belanda di Pemakaman Umum Jember

Turut menemui kedatangan Jajaran Forkopimda Jatim, diantaranya Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Wabup Indah Ampera Wati, Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno bersama Dandim 0821 Letkol Inf Andi A. Wibowo. [mem]

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here