V I S I T U T A M A

Visit.co.id– Kelengkeng Merah (Ruby Longan) – mendengar namanya saja anda pasti sudah tahu kenapa kelengkeng yang satu ini dinamakan demikian.  sebelum kita membahas lebih lanjut terkait sejarah kelengkeng merah ini, mungkin anda bertanya tanya dimanakah bisa anda dapatkan bibit dengan kwalitas bagus dengan harga terjangkau, bisa anda lihat artikel berikut Jual Bibit Kelengkeng Merah Online Murah Berkwalitas.

Bila setelah membuka artikel diatas, rasa penasran anda belum juga terjawab

silahkan simak video berikut, penampakan pohon kelengkeng merah yang sudah berbuah

Masih menjadi perbincangan dikalangan pecinta tanaman buah mengapa kelengkeng jenis ini begitu berbeda dengan jenis kelengkeng yang sebelumnya.  Dimana meski ada banyak jenis kelengkeng yang ada dan dikembangkan di Indonesia kesemua buahnya hampir tidak jauh dari warna krem atau coklat. Ini yang membuat kelengkeng merah naikndaun sampai beberapa tahun.  Dengan kulit buah,  daun,  buji dan Batang muda berwarna merah membuat orang penasaran untuk memilikinya , meskipun harga bibitnya relatif lebih mahal dari jenis kelengkeng yang lainnya.

Bayangkan saja di pertengahan tahun 2014 bibit kelengkeng merah yang baru berukuran sekitar 60cm mampu terjual dengan harga 5jt/bibit.  Sungguh harga yang fantastis,  hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri bibit kelengkeng merah pertama didatangkan langsung dari Amerika meskipun sebenarnya asal kelengkeng jenis ini bukan berasal dari Negara paman sam tsb.

Awalnya beberapa pecinta tanaman mengira bahwa kelengkeng merah berasal dari Amerika, termasuk saya.  Hehe.  Namun saat menghadiri pameran di lap.  Banteng,  ada salah satu kawan yang bertemu langsung dengan seorang tourist dari Vietnam yang saat itu menghadiri acara itu juga mengatakan bahwa dinegaranya sudah ada sekitar 5 tahunan yang lalu.  Jadi perkiraan sekitar tahun 2010 kelengkeng merah ditemukan di Vietnam pertama kali.  Saya semakin percaya ketika salah satu rekan dari luar Jawa yang singgah ke kebun kecil saya,  Pak Ginting atau lebih populernya Jani Ginting.  Ditahun 2015 beliau mencari tahu siapa penemu kelengkeng merah pertama sebenarnya. Ternyata beliau berhasil menemukan orang yang pertama kali menemukan kelengkeng merah.  Berdasarkan pengakuan pak Gnting “Kelengkeng merah berasal dr Vietnam..dari daerah Phon Nham +/- 250 km dr kota Hochi Minh. Bukan dari Amerika”.

REKOMENDASI:  Jago Dangdut, Album Hits Nella Kharisma Versi Koplo

Alasan kenapa beliau susah payah ingin mengetahui siapa penemu jenis kelengkeng ini pertama kali,  karena beliau ingin tahu fakta sebenarnya tentang Kelengkeng merah.  Memang kelengkeng yang pertama kali masuk ke Indonesia di Import dari Amerika , hal itu karena salah seorang peneliti di amerika mengetahui akan keberadaan kelengkeng aneh ini,  dia masih ragu akan jenis ini,  apakah benar jenis kelengkeng bukan leci,  dan apakah warna merah sewaktu-waktu akan berubah lagi menjadi warna kelengkeng pada umumnya dan apakah hanya ditempat tersebut kelengkeng ini dapat berwarna merah. Ahirnya peneliti tersebut memebawa beberapa sampel dan diteliti di Amerika.

Menurut Prof. Roedhy Poerwanto, peneliti dari Pusat Kajian Hortikultura Tropis Institut Pertanian Bogor yang dikutip dari majalah Trubus edisi Mei 2014, menduga mutasi yang menghasilkan lengkeng merah karena fenomena bud spot, yaitu perubahan genetik atau mutasi pada sel di titik tumbuh atau mata tunas dari induk normal sehingga warna resesif merah pada lengkeng muncul.

Sel yang mengalami mutasi akan membelah diri dan akhirnya membentuk jaringan dan organ baru. Karena berasal dari satu sel yang sama maka seluruh sel dari batang, daun, bunga, hingga buah memiliki gen yang sama. Jika kondisi demikian maka tanaman tersebut dapat diperbanyak secara vegetatif dan menghasilkan tanaman yang seragam. Bud spot terjadi secara acak akibat pengaruh alam semesta, seperti radiasi sinar kosmis. Selain itu, bud spotjuga bisa terjadi secara buatan menggunakan sinar gamma. Meskipun demikian, fenomena bud spot, oleh Roedhy Poerwanto disebutkan frekuensinya sangat rendah terjadi secara alami.

Di Vietnam sendiri kelengkeng merah perbanyakannya tidak terlalu cepat karena berdasarkan pengakuan penemu kelengkeng merah tsb dan berdasarkan survey,  disana perbanyakan kelengkeng merah hampir ksesmuanya dari cangkok.  Sehingga perbanyakannya tidak secepat si Indonesia yang kebanyakan dari okulasi atau sambung.

REKOMENDASI:  Alhamdulillah,RSUD Sumenep Sudah Punya Dokter Spesialis Jantung dan Paru

#RubyLongan
#BibitBuahku
#KlengkengMerah

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here