V I S I T U T A M A

VISIT.co.id- Di era digital ini, orang semakin sulit dilepaskan dengan benda bernama ponsel. Ke manapun pergi, ponsel selalu ada dalam genggaman. Salah satu hal yang cukup umum, bahkan ponsel pun sering “ikut” ke toilet, karena tanggung sedang chatting atau membalas email, misalnya. Padahal, kesehatan bisa terancam jika telalu sering membawa ponsel ke toilet.

Disukai Bakteri

Bakteri dapat menjalar ke sana ke mari melalui sentuhan tangan. Sedangkan tangan manusia merupakan tempat yang disukai bakteri. Ada sekitar 5-6 ribu bakteri yang bersemayam di tangan manusia setiap harinya.

Sementara itu, ketika ponsel terus menerus dalam genggaman, maka apa yang ada pada tangan akan berpindah pada ponsel. Bukan rahasia lagi bahwa kamar mandi adalah gudangnya bakteri. Semua benda yang ada dalam toilet bisa dipastikan kaya akan bakteri, mulai pegangan pintu, kran air, tuas pembilas (flush), sampai dudukan toilet. Menyentuh benda penuh bakteri, kemudian menggenggam ponsel, sama saja dengan memindahkan bakteri toilet ke ponsel melalui tangan.

Satu Triliun

Ilustrasi/net

Celakanya, ketika membilas toilet, air toilet yang mengandung zat sisa urine maupun feses bisa terciprat sampai jarak 2 meter ke segala arah. Satu gram feses bisa mengandung satu triliun bakteri. Satu tetes saja yang menyentuh ponsel, maka akan hinggap di tangan meskipun yang bersangkutan sudah mencuci tangan. Saat makan, mungkin Anda masih memegang ponsel. Selanjutnya, sudah bisa dibayangkan, bagaimana bakteri merebak kemana-mana, hingga ke alat makan, makanan, gelas, hanya melalui  sentuhan tangan.

Hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Annals of Clinical Microbiology and Antimicrobialsmelaporkan bahwa 95 persen HP milik petugas kesehatan terbukti terpapar bakteri, dan sebagian di antaranya berpotensi memicu infeksi.

REKOMENDASI:  Tugas dan Musuh Beda, Mengapa Senjata TNI-Polri Sama?

Maka, solusi sederhananya adalah sering mencuci tangan, rajin membersihkan ponsel, dan menghindari main ponsel di toilet.

Vebma

Penulis: Elsya Tri Ahaddini

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here