V I S I T U T A M A

PERKEMBANGAN video game telah membawa warna baru bagi anak-anak. Video games tidak lagi sekadar menjadi hiburan semata, tetapi sudah menjadi salah satu hiburan di internet.

Video game pun sering dianggap sebagai sarana rekreasi yang membuat anak menjauh dari dunia sosialnya. Dilansir dari , ternayta bila dimainkan dalam jangka waktu yang panjang, anak-anak yang senang bermain video game ternyata memiliki dampak positif.

1Menyelesaikan masalah lebih cepat

Video game mengajarkan kepada anak bagaimana menyelesaikan suatu problematika, meredam konflik, dan melewati rintangan. Maka dari itu, video game dijamin bisa membuat anak semakin pintar dalam menyelesaikan masalah.

2Menjadikan anak lebih kritis

Banyak video game yang menawarkan tema yang berkaitan dengan menganalisis dan mengevaluasi setiap pergerakan musuh. Hidup atau mati, untuk memenangkan game tersebut, sang anak harus membuat gerakan dari setiap sudut pandang yang berbeda.

3Meningkatkan sistem motorik

Tentu saja, yang namanya video game pasti banyak yang membutuhkan berbagai macam gerakan. Biasanya, yang sering dijumpai adalah permainan dengan jari tangan. Pergerakan dari jari dengan pikiran dan mata juga membutuhkan sistem motorik yang baik.

4Memperkaya interaksi sosial

Banyak orang tua yang beranggapan ketika anaknya bermain game, pasti lingkungan di sekitarnya akan diacuhkan. Justru, dengan bermain, akan ada interaksi dari pemain lain yang sebaya dengannya. Anak juga akan bisa selektif memilih kawannya agar dapat memenangkan suatu pertandingan dalam game.

5Menambah tingkat konsentrasi

Manfaat yang ini bisa anak terapkan juga di sekolah berkat asahan konsentrasinya dari video game. Tapi perlu diingat pula bahwa sebagai orang tua harus mengawasi anak dalam jangkauan, karena masih banyak hal yang tak terduga muncul dari game.

REKOMENDASI:  Diskominfo Sumenep Juara Runner Up di Ajang Jatim Kominfo Festival 2019

Meski demikian, jangan terlalu khawatir karena anak akan berkembang seiring dengan proses kemajuannya dalam konsol permainan.

(okz/net)

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here