Ketupat Dalam Perspektif Kesehatan, Menurut Direktur RSUDMA Sumenep

0
36 views
V I S I T U T A M A

Sumenep (Visit.co.id)-Sebagian masyarakat awam mungkin beranggapan,tradisi kupatan (pesta ketupat) hanya sebatas menjalankan tradisi tahunan setelah hari ketujuh Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal.

Namun dibalik itu, ketupat, ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Hal itu disampaikan Direktur RSUDMA Sumenep,dr Fitril Akbar beberapa waktu lalu saat mengikuti Festival Ketupat di Pantai Lombang, Sumenep, Madura, Jawa Timur.

” Hidangan ketupat itu bernilai gizi yang tinggi dan perlu dilestarikan oleh masayarakat.  Ketupat sangat praktis untuk dihidangkan dalam berbagai menu,”ungkap dr. Fitril Akbar, Direktur RSUDMA Sumenep,Madura seperti dilansir Visit.co.id, Selasa 3 Juli 2018.

Banyaknya kandungan gizi dalam ketupat itu, juga diperkanalkan pihak RSUDMA lewat Festival Ketupat,dengan tujuan bisa mendorong generasi muda ikut berpartisipasi dalam melestarikan kupatan.

“Prioritas kami bukan lombanya, tetapi bagaimana ikut memperkenalkan kepada masyarakat, terutama generasi muda ikut andil melestarikan tradisi baik dan peduli akan nilai gizi, ” imbuhnya menandaskan.

Menariknya, beberapa menu yang disajikan terlihat biasa,namun titik tekannya lebih kepada pemenuhan aspek gizi dalam hidangan ketupat tersebut.

” Aspek gizi dalam menu ketupat sangat penting agar hidangan terjamin untuk kesehatan,”tandasnya.

Dr Fitril juga menyinggung pentingnya festival ketupat ditengah masyarakat, karena selain melestarikan tradisi baik, kegiatan tersebut sangat digandrungi hampir semua kalangan di Madura, termasuk di Kabupaten Sumenep.

“Selain kegiatannya memang positig,Festival kupat juga manpu mengedukasi masyarakat luas, ” pungkasnya.

(fer)

REKOMENDASI:  Rastra 40 Karung Desa Guluk-Guluk Raib, GPS: Aparat Harus Segera Bertindak
STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here