70 Persen Nikah Dini karena Hamil Duluan

0
57 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID–Seks bebas menjadi faktor terbesar penyebab terjadinya pernikahan dini. Dari 15 dispensasi kawin yang dikeluarkan Pengadilan Agama Bontang, 70 persen di antaranya karena hamil duluan.

Meski begitu, jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Sebelumnya, pada 2016, Pengadilan Agama Bontang merilis angka dispensasi kawin mencapai 23 perkara.

Anton Taufiq Hadiyanto, humas sekaligus hakim di Pengadilan Agama Bontang, menyebut dikatakan usia dini jika laki-laki belum genap 19 tahun. Sedangkan perempuan belum mencapai 16 tahun. Apabila keduanya belum cukup umur, maka pengajuan harus dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Tahun ini rata-rata umur yang mengalami dispensasi kawin yakni laki-laki sekitar 17 dan 18 tahun. Sementara perempuan berkisar di umur 14 dan 15 tahun,” terangnya.

Dia mengatakan, tidak seluruhnya yang mengalami kehamilan di luar nikah ketika mengajukan dispensasi kawin dikabulkan oleh majelis hakim. Terlebih jika calon suami tidak memiliki pekerjaan. Majelis hakim berhak melakukan penolakan. Meskipun, sebagian besar kasus dispensasi kawin mendapat persetujuan.

“Standarnya bukan karena hamil baru dikabulkan. Misalnya, suami seorang peminum minuman keras, maka sudah pasti ada pertimbangan dari majelis hakim untuk ditolak,” paparnya.

Pengadilan Agama pun menghadirkan orangtua maupun anak. Hal ini menyangkut adanya jaminan mendidik sehubungan belum memperoleh pekerjaan. “Banyak juga yang karena orangtua mempunyai modal untuk berusaha, maka kami menyarankan anaknya untuk diberi keterampilan menekuni usaha tersebut,” ujarnya.

Dia menyarankan kepada orangtua agar mengutamakan keimanan dan ketakwaan dalam membimbing anak. Selain itu, kedekatan dengan anak pun hendaknya ditingkatkan. Pasalnya, aktivitas meninggalkan anak di rumah sendiri biasanya menjadi celah terjadinya seks bebas.

“Jangan hanya mengedepankan iptek tetapi harus imtaknya yang diutamakan. Orangtua jangan di luar terus. Kebanyakan hubungan badan di luar nikah terjadi di rumah masing-masing,” tandasnya. 

REKOMENDASI:  Universitas Brawijaya Raih Juara Umum UTU Award 2018

(*/ak/edw/kri/k9)

(prokal)

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here