Mendadak, Penghuni Kontrakan Didata

0
95 views
V I S I T U T A M A

Visit.co.id– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melakukan pendataan warga pendatang penghuni kontrakan di Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren.
Bersama pegawai aparat setempat, Satpol PP, Polisi dan TNI, pihak petugas Disdukcapil memeriksa dan mendata penghuni kontrakan dilingkungan RT 13/01 Pondok Betung. Dari pendataan itu, masih banyak warga kedapatan tidak memiliki identitas diri seperti KartuTanda Penduduk (KTP) meskipun sudah lama menetap di Kota Tangsel.

Ketua Tim Pendataan dari Disdukcapil Kota Tangsel Diana Ermayanti menjelaskan, kita lakukan pemeriksaan terhadap 85 kontrakan dan hasil yang ditemukan hanya sekitar 10 persen yang memiliki KTP elektronik Kota Tangsel, ujarnya, Senin (04/12/2017)

“Diasumsikan untuk satu pintu kontrakan dihuni 3 – 5 anggota keluarga. Dan mereka memiliki KTP Tangsel tetapi warga dari luar wilayah Pondok Betung
“Kita melakukan pendataan untuk mengetahui ada berapa warga non-permanen dan sekaligus mensosialisasikan kepada warga yang sudah lama menetap untuk membuat KTP Tangsel,”katanya.

Sedangkan Kasi Pemerinthan Kecamatan Pondok Aren Zulkarnaen yang ikut melakukan pendataan, menyampaikan, di Kelurahan Pondok Betung merupakan daerah terpadat di Pondok Aren. Hal ini disebabkan, wilayahnya langsung berbatasan DKI sehingga banyak rumah kontrakan.

Pada prinsipnya, kita tidak memaksa warga dari luar Tangsel menetap atau ngontrak disini untuk mengurus KTP Tangsel. Namun, jika kita mengacu aturan administrasi kependudukan, jelas setiap warga luar dan menetap lebih dari setahun, diharuskan mengurus dokumen kependudukan dimana warga itu tinggal.

“Kita himbau kepada warga kontrakan segera mengurus KTP Tangsel, sebab banyak fasilitas pelayanan publik yang dapat dirasakan masyarakat jika ber KTP Tangsel. Nanti mereka kita masukkan di data warga non-permanen dan dibuatkan semacam surat keterangan, “kata Zulkarnaen

REKOMENDASI:  Pemkab Cianjur Gelar Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV

Seperti Maya (37) warga yang yang mengontrak di Pondok Betung, memiliki KTP DKI dari Kelurahan Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Ia sudah hampir 6 tahun tinggal di Pondok Betung dan mengaku tidak ada masalah dengan KTP DKI. Alasan yang ia disampaikan, mengurus KTP yang baru juga banyak yang mengeluh.

“Karena belum punya rumah sendiri, saya terpaksa kontrak rumah di Pondok Betung yang lebih murah dibandingkan rumah kontrakan di Jakarta. Selain itu, kerja suami saya tidak jauh dari sini.”tuturnya.

(*red/gg-ade/suarareporter)

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here