Demo Buruh Protes Penetapan UMK

0
48 views
V I S I T U T A M A

Visit.co.id– Puluhan massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dan Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tembakau, Makanan dan Minuman (FSP RTMM) Kabupaten Kebumen menggelar aksi demonstrasi di depan Pendopo Bupati Kebumen. Karena tidak ada satu pun pejabat yang menemui mereka, termasuk Bupati Kebumen, M. Yahya Fuad yang sedang berada di luar kota. Maka Massa melanjutkan aksinya menuju Gedung DPRD Kebumen, yang terletak di sisi selatan Alun-alun Kebumen pada Selasa (28/11).

Dalam orasinya, massa buruh menuntut upah yang layak sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK ) yang berlaku. Karena masih banyak perusahaan yang membayar upah dibawah Rp 1 juta per bulan padahal UMK Kebumen tahun 2017 sebesar Rp 1.433.900. Apalagi dengan telah ditetapkannya UMK Kabupaten Kebumen tahun 2018 sebesar Rp 1.560.000 oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ketua KSPSI Kabupaten Kebumen, Akif Fatwal Amin meminta Pemkab Kebumen melakukan pengawasan dan menindak perusahaan bandel yang tidak mematuhi UMK yang berlaku.

Massa buruh kemudian diterima oleh Wakil Ketua ,Bagus Setiyawan, Suhartono anggota Komisi B dan anggota Komisi C, Ma’rifun di Ruang Komisi A DPRD Kebumen. Mereka berjanji menindaklanjuti aspirasi para buruh dalam waktu satu minggu untuk berkoordinasi lebih dahulu dengan Komisi yang menangani buruh dan stakeholder terkait.

(Setiawan)

REKOMENDASI:  Uniknya Komunitas Tjimande Jember
STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here