V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID–Pemerintah Kota Dumai melalui Sekretaris Daerah (Setdako) Dumai sepertinya kesal dengan pihak PT.PLN Dumai, terkait pekerjaan pemasangan kabel listrik yang saat ini sedang berjalan, namun sudah dihentikan oleh Satpol PP Dumai.

Penghentian pekerjaan penggalian kabel listrik tersebut akibat dugaan pihak PLN Dumai belum mengantongi izin, dan ada beberapa hal yang diduga telah dilanggar oleh pihak pelaksana pekerjaan penggalian kabel tersebut.

Seperti yang sudah diterbitkan EraRiau.com edisi sebelumnya, bahwa Satpol PP telah menyurati pihak PLN Dumai untuk menghentikan pekerjaan tersebut.

Sebab Berdasarkan hasil pengawasan pihak Satpol PP Dumai dilapangan ditemukan dua faktor dugaan pihak PLN Dumai melanggar Perda No 12 Tahun 2002 tentang penyelenggaraan ketertiban umum pasal 4 tentang perizinan dan pasal 19 tentang penertiban usaha ditempat-tempat tertentu.

Dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak PLN Dumai yaitu, terdapat gulungan kabel milik PT. PLN Persero diletakkan di atas trotoar dan bahu jalan, dimana keberadaannya mengganggu aktivitas hak pengguna jalan.

Kemudian adanya pekerjaan galian kabel, dimana pekerjaan tersebut belum mengantongi izin atau rekomendasi dari Pemerintah Kota Dumai.

Terkait permasalahan ini, EraRiau.com mencoba konfirmasi kepada salah satu pihak PLN Dumai via Watshappnya, namun hingga berita edisi kedua ini diterbitkan pihak PLN Dumai belum memberikan jawaban nya.

Selain belum mengantongi izin dari Pemko Dumai, pihak pelaksana pengerjaan penggalian kabel listrik bertegangan tinggi tersebut juga akan berdampak dengan pipa PDAM.

“Sekda Kota Dumai menyesalkan tindakan pihak PT. PLN Dumai atas pemasangan kabel listrik yang memiliki tegangan tinggi. Sekda Minta PLN Hentikan Pemasangan kabel Yang sangat berkaitan dengan Pipa PDAM dan kedepan bisa membahayakan,” ungkap Sekda Dumai M.Nasir melalui Plt Kabag Humas Riski Kurniawan.

REKOMENDASI:  Gubernur Jatim Tinjau Warga Terdampak Gempa di Lumajang

Disisi lain untuk mengkroscek kebenarannya, EraRiau.com mencoba menelusuri keberadaan gulungan kabel listrik baik di perkotaan hingga pinggiran perkotaan.

Hasil penelusuran EraRiau.com melihat memang benar adanya gulungan kabel listrik tersebut memakan badan jalan, lalu diletakkan di atas trotoar, kemudian juga diduga bekas penggalian tanah untuk menanam kabel tersebut, setelah usai digali, tanah tersebut tak lagi di kembalikan seperti semula sebelum diwaktu penggalian kabel tersebut.

(Bud/era)

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here