Qunut Nazilla Menolak Reklamasi Masjid Assakinah

0
82 views
V I S I T U T A M A

Reporter:Bahudin Mudhar
VISIT.CO.ID–Jum’at siang ( 10/11’2017 ), Lantunan ayat ayat suci terdengar syahdu diantara puing puing reruntuhan Masjid Assakinah. Masjid yang terletak area cagar budaya dan berada dipelataran Balai Pemuda Surabaya ini telah dirobohkan oleh para pekerja bangunan. Sejatinya lahan ini akan digunakan untuk pembangunan gedung dewan 8 lantai.

Siang itu dilangsungkan Sholat Jum’at yang pertama kali setelah masjid dirobohkan dan belum ada penggantinya. Khotib yang bertugas adalah Ust. Adjie dari Banyuwangi dan Muadzin oleh ustadz Udin.

Dalam khotbahnya, khotib menyampaikan pentingnya menyadari hakekat kemanusiaan. Dengan membacakan cuplikan ayat Al Qur’an didalam surat Al Anfal berkaitan dengan perjanjian manusia dengan Allah. Manusia akan diuji dengan kekuasaan dan apakah kekuasaan dan apakah kekuasaan itu akan dijadikan dengan benar.

Sesama muslim hendaknya saling mengasihi dan tegas kepada kekafiran. Nah dalam kaitan perobohan masjid ini tergambar betapa tidak ramahnya pembangunan ini terhadap ummat Islam. Siapa yang memerintahkan dan siapa yang merobohkan menunjukkan betapa kecintaannya terhadap masjid dannummat Islam sudah tidak ada sama sekali.

Terlihat sekali bahwa perobohan masjid tanpa alternatif pengganti sebelumnya menunjukkan betapa ponghnya kekuasaan. Selanjutnya Ustadz Adjie membacakan cuplikan Qur’an surat Al Baqarah bertkaitan dengan kesombongan iblis yang akhirnya ditempatkan pada kehinaan. Beliau berharap kita semua bisa terhindar dari kesombongan agar kita tidak menjadi hina, terutama kepada para pemimpin kita.

Mebiarkan masjid dirobohkan dan kemudian tanpa memberi alternatif pengganti berupa masjid bisa jadi merupakan kesombongan dan akan menjadikan kita hina. Semoga saja tidak.

Setelah khotbah dilanjutkan dengan sholat Jum’at bersama direruntuhan puing puing masjid. Dalam sholat tersebut Imam membacakan qunut nazilah untuk keselamatan bangsa dan memohon menjauhkan dari bencana akibat kesombongan.

REKOMENDASI:  "Banyak Penyimpangan, Jam Aksi: Usut Tuntas KKN Kemenhub!"

” Qunut Nazilah kita gunakan, agar kita bisa mengalahkan musuh musuh Allah, Jangan sampai kita memdapatkan masjid, tapi masjid itu tidak berkah, apalagi kalau masjid berada didalam linhkungan yang tidak baik, maka ibadah kita juga akan menjadi tidak baik. Kita tidak ingin masjid yang ada meski lebih baik akan menjadi masjid ” dirar “, Ujarnya.

Nah untuk itu perlu ada jaminan penggunaan gedung dewan nantinya tidak dipergunakan untuk hal halnyang tidak baik dan meruhikan rakyat.

Sukoto, Tokoh Surabaya yang hadir pada sholat itu mengatakan bahwa dia merasa tersentuh dengan khotbah tadi.

” Saya sangat tersentuh dengan khotbah dan sholat yang dilaksanakan, semoga bisa dilakukan secara konsisten, agar ini bisa menjadi pengingat dan teguran kepada pemimpin kota ini,”tutup dia.

# Savemasjidassakinahbalaipemudasurabaya.

(bam/red)

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here