Dana Desa Tak Beres, Inspektorat Diminta Tak Tutup Mata

0
37 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID– Aliansi Masyarakat Peduli Desa (AMPD) Kuntu Darussalam layangkan surat permintaan audit Dana Desa Kuntu Darussalam Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar kepada Inspektur Daerah Provinsi Riau pada Tanggal 24 Agustus 2017 lalu.

Menurut keterangan yang tertuang dalam surat yang dilayangkan oleh pihak AMPD Kuntu Darussalam diketuai Doni Syahputra, ditandatangani. Bahwa AMPD telah mendapatkan temuan pembangunan Fisik yang tidak sesuai dengan yang dianggarkan serta tidak ada transparansi terkait Dana Desa kurun waktub 3 (tiga) Tahun belakangan.

Pasalnya, persoalan Transparansi Dana Desa adalah merupakan Amanat Undang-undang No.6 Tahun 2014 Pasal 27 Huruf D. Sedangkan untuk keterbukaan informasi adalah hak setiap masyarakat desa yang termaktub dalam Pasal 28f UUD 1945 telah menjamin hal tersebut dan pada peraturan perundang-undangan lain sebagainya.

Demikian dijelaskan dalam surat permintaan AMPD tentang Audit Dana Desa Kuntu Darussalam ditujukan kepada Inspektur Daerah Provinsi Riau yang diterima Ka.Biro EraRiau.com Kampar, Kamis (26/10/2017) Siang.

Ketika dikonfirmasi Ka.Biro EraRiau.com Kampar kepada Ketua AMPD Kuntu Darussalam, Doni Syahputra membenarkan akan perihal yang dilayangkan tersebut yang dituangkan dalam surat permintaan audit dana desa kuntu darussalam diwilayah Kec.Kampar Kiri.

“Pada Tanggal 11 Oktober 2017 lalu, Inspektorat Kabupaten Kampar sudah turun ke Desa tersebut (Kuntu Darussalam). Dan pada Jumat (13/10) nya pihak AMPD sudah meninjau hasil laporan dari Inspektorat Kab.Kampar ketika turun ke Desa Kuntu Darussalam, dan alhasil diduga banyak ditemukan kejanggalan dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa Tahun Anggaran 2016. Selanjutnya Inspekorat sedang menyelidiki fisik proyek dana desa tersebut.” papar doni dalam keterangannya ketika dikonfirmasi awak media.

Didalam surat tersebut menjelaskan praduga penyalahgunaan anggaran dana desa pada proyek pembangunan drainase 2016, pembangunan baseclas C, penyalahgunaan dana untuk renovasi kantor desa, dan pembangunan yang tidak ada transparansi serta monopoli proyek diduga dilaksanakan oleh Kaki tangan si Oknum Kepala Desa Kuntu Darussalam.

REKOMENDASI:  Membaca Manuver PAN Jelang 2019

Penulis : M Hasbi
(Ka.Biro Kampar/erariau)

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here