Kapal Nelayan Terbakar, Kerugian Hampir Rp 1 Miliar

0
79 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID– Sebuah kapal mini porsin terbakar, seusai bersandar di pinggir pantai desa Kebloran kecamatan Kragan, Minggu (22/10) sekira pukul 20.30 WIB. Selain melalap bagian atas kapal, api juga meludeskan sebagian besar ikan hasil melaut.

Kapal bernama KM Mutiara Indah, milik Toyib (50 tahun), warga desa Kebloran kecamatan Kragan. Pada awalnya, kapal ditambatkan, dari bibir pantai berjarak 600 an meter, selepas melaut, Minggu sore. Kemudian ada warga sekitar yang kebetulan tengah mengobrol di warung kopi memergoki adanya api mulai membakar KM Mutiara Indah. Tak berselang lama, masyarakat langsung menuju lokasi kejadian dan berusaha menarik kapal ke tepian pantai. Mereka beramai – ramai memadamkan api, dengan mesin pompa air. Proses pemadaman membutuhkan waktu 2 jam atau tepatnya pukul 22.30 WIB, si jago merah berhasil dijinakkan.

Kapolsek Kragan, AKP Moh. Mansyur menjelaskan saat api berkobar hebat, nelayan tidak bisa menyelamatkan semua muatan ikan. Dari total 150 basket ikan, hanya mampu dievakuasi 5 basket. Dalam peristiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, sedangkan nilai kerugian ditaksir mencapai Rp 650 juta.

“Api sudah terlanjur membesar, sehingga masyarakat tidak bisa langsung mendekati kapal. Apalagi waktu itu posisi kali pertama agak jauh dari pinggir pantai. Setelah ditarik, baru disemprot air. Api akhirnya padam. Kalau bagian kapal yang terbakar, paling parah sisi atasnya. Untuk bagian bawahnya, kayu masih selamat, “ ungkap Kapolsek.

AKP Moh. Mansyur menambahkan tidak ada saksi yang mengetahui pasti penyebab kebakaran. Muncul dugaan dipicu hubungan pendek arus listrik accu di dalam kapal.

Sementara itu, para anak buah kapal (ABK), sampai Senin siang (23 Oktober 2017) masih sibuk membersihkan puing – puing kapal sisa kebakaran. Kejadian itu membuat ABK belum bisa bekerja melaut lagi.

REKOMENDASI:  Presiden Hadiri Munas KAHMI di Medan

(HR-76)

Media-Bhayangkara

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here