Pengamat: Gus Ipul dan Khofifah Nyagub, Keduanya Punya Tugas Menangkan Jokowi di Jatim

0
41 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID– Siapapun pemenang Pilgub Jatim 2018, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) ataupun Khofifah Indar Parawansa, membawa tugas khusus, yakni memenangkan Joko Widodo di Pilpres 2019.

Penilaian itu disampaikan pengamat politik Ahmad Baidhowi kepada intelijen (16/10). “PDIP usung Gus Ipul, Golkar dukung Khofifah. Ini hanya strategi saja untuk mengamankan Jokowi menang di Jatim,” kata Ahmad Baidhowi.

Menurut Baidhowi, calon lain di luar Gus Ipul dan Khofifah sulit menang di Jatim. “Jatim itu basisnya NU, baik Khofifah dan Gus Ipul punya pengikut yang banyak,” papar Baidhowi.

Baidhowi menilai, PDIP telah bersikap realistis dengan tidak mengajukan kader sendiri sebagai bakal calon Gubernur Jatim. “Tetapi PDIP punya peran strategis dengan mencalonkan Azwar Anas menjadi bakal Cawagub Jatim, langsung sebagai kader PDIP,” jelas Baidhowi.

Khofifah sendiri, kata Baidhowi, mempunyai hubungan baik dengan Jokowi, karena saat Pilpres 2014 bisa membawa suara Muslimat NU di Jatim maupun wilayah di Indonesia, memenangkan Jokowi-JK. “Perhitungannya, untuk wilayah Jawa Timur, suara Jokowi di Pilpres 2019 bisa diamankan,” pungkas Baidhowi.

Diberitakan sebelumnya, PDIP dan PKB memutuskan mengusung Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai pasangan calon dalam Pilgub Jatim 2018.

“Saya berterima kasih ‘dijodohkan’ (dengan Abdullah Azwar Anas). Saya terus terang juga baru tau di detik-detik terakhir (dipasangkan) dengan saudara Abdullah Azwar Anas, bupati yang disebut banyak prestasi,” ujar Saifullah (15/10).

(ito/day)

REKOMENDASI:  Pengamat: Kritikan Fahri dan Fadli Layak Dapat Bintang Tanda Kehormatan
STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here