Puskesmas Masalembu Dikeluhkan

0
172 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID- Pelayanan Puskesmas Kecamatan/Pulau Masalembu, Sumenep, Madura, Jawa Timur sisoal warga. Karena pasien saat hendak berobat sering ditolak oleh petugas medis.

Kritikan tersebut diungkapkan oleh masyarakat saat acara Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Kesehatan yang di selenggarakan di Pendopo Kantor Kecamatan setempat, Minggu (16/10/2017).

“Banyak masyarakat yang tidak bisa menikmati pelayanan kesehatan secara gratis di Puskesmas Masalembu. Padahal sudah mengajukan persyaratan untuk mendapat pelayanan gratis dengan mengajukan foto kopi KTP & KK, tapi di tolak oleh puskesmas,” kata salah satu tokoh masyarakat setempat Russiyuno.

Acara tersebut melibatkan banyak pihak termasuk petinggi di Kecamatan, seperti Sekretaris Kecamatan, Kepala Puskesmas, Kapolsek Masalembu, Koramil Masalembu, Kepala Desa Sukajeruk, Kepala Desa Masalima, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan jajaran pegawai Puskesmas.

“Penolakan itu katanya karena tidak singkronnya data KK dengan nomer NIK KTP. Padahal sudah melakukan perekaman KTP-el,” tegasnya.

Ketidak singkronan antara data KTP itu dibenarkan oleh Sekretaris Kecamatan Masalembu Habibi dalam sambutannya mengatakan ketidak singkronan data KTP bukan hal yang baru, dirinya mengaku beberapa waktu lalu pernah menyampaikan persoalan tersebut kepada pemerintah daerah.

Hanya saja kata Habibi hingga saat ini belum ada tindak lanjut. “Kemarin saya bersama pak camat juga pernah membicarakan permasalahan KTP di masalembu dengan Pemkab Sumenep,” ucapnya.

Oleh sebab itu, demi pelayanan yang optimal pihaknya akan mengupayakan persoalan tersebut aka dibicaraka kembali ditingkat kabupaten. “Persoalan KTP kami akan bicarakan lagi dengan Bupati, dan Dinas maupun Sekda nanti,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Masalembu H. Hedar mengatakan sesuai prosedur, setiap pasien yang hendak menikmati pelayanan kesehatan gratis harus menggunakan KTP dan KKK. Jika tidak, maka busar kemungkinan tidak bisa.

REKOMENDASI:  Harus Berani Tolak DPRD yang Minta ‘Macem-macem’

Namun penolakan itu bukan karena bentuk kelalaian petugas Puskesmas, melainkan karena menjalani prosedur sesuai petunjuk dari Bupati Sumenep dan Kepala Dinas Kesehatan Sumenep.

“Saya yakin masalah persyaratan yang di tolak Puskesmas itu data KTP & KK tidak singkron dengan nomer NIK, kami harus sesuai dengan prosedur,” tegasnya.

Terpisah Kepala UPT Disdukcapil Kecamatan Masalembu Ariep belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya oleh awak media tidak merespon meskipun nada sambungya terdengar aktif.

(Din/Fat)

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here