Ilustrasi/net
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID–Jauhari Anggota Komisi III DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, angkat bicara terkait rencana pengadaan kapal laut senilai Rp 31 miliar, yang sampai saat ini tak kunjung direalisasikan oleh Pemkab Sumenep, Selasa (25/7/2017).

Padahal menurutnya rencana pengadaan kapal lau tersebut sudah direncanakan sejak tahun 2014. Namu, hingga saat ini tidak ada kejelasan tentang rencana tersebut. ”Aneh, padahal anggarannya sudah kami setujui, sampai saat ini tidak ada informasi lagi,” ujarnya.

Lebih lanjut Politisi PPP itu menjelaskan rencana pengadaan kapal laut tersebut yang menoras uang hingga miliaran itu bersumberkan dari dana Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tingkat I Provinsi Jawa Timur, sebesar Rp 18 miliar, dan Rp 9 miliar bersumberkan dari dana APBD tingkat II Sumenep. Pemerintah Daerah diharapkan segera menyelesaikan proses lelang atau tendernya.

”Kami berharap rencana ini segera terealisasi, agar tidak ada keluahan dari masyarakat kepulauan,” ujarnya.

Sementara Sekda Sumenep, Hadi Soetarto mengatakan, dana yang disiapkan pada APBD 2017 sekitar Rp 31 miliar, namun hal itu dinilai masih kurang, sehingga pada tahun 2018 akan dianggarkan kembali sekitar Rp 8 miliar. Berdasarkan desain Institute Tekhnologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, pengadaan kapal tahan ombak diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp 39 miliar.

”Kapal yang akan dibuat itu bakal dirancang mampu menampung minimal 300 orang, mengangkut barang dengan berat mencapai 100 ton dan minimal 10 unit kendaraan roda empat, bahkan kecepatan dari kapal tersebut mencapai 15 hingga 20 knot perjam,” pungkasnya.

(JATIMEXPLORE)

REKOMENDASI:  Kehadiran Dokter Spesialis KGA RSUDMA Mendapat Respon Positif Masyarakat Sumenep
STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here