Budayakan Budaya Batak, Ini yang Dilakukan Marga Simbolon

0
83 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID–NETRALNEWS.COM – Masyarakat Batak untuk terus melestarikan budaya dan adat istiadat Batak mengingat generasi muda saat ini mulai melupakan budaya yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Ketua Umum Ina-Wanita Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) Dessy Trinita Simbolon boru Tobing, mengatakan anak-anak jaman sekarang sudah mulai melupakan dan tidak menyukai budaya batak.

“Kita minta agar ina-ina (wanita batak) untuk lebih ‘aware’ kepada anak-anaknya untuk memberikan pendidikan tentang budaya batak,” kata Dessy di sela-sela Sarasehan Ina PSBI, Kamis (06/07/2017).

Sarasehan yang digelar oleh Ina PSBI ini sebagai upaya untuk mendorong kaum ina Simbolon agar mendidik anaknya untuk lebih mengenal adat dan budaya batak.

Menurut Dessy, perlu mengenalkan budaya batak dalam keluarga sendiri sebelum mengenalkan budaya batak kepada masyarakat luar. “Kita mulai dari internal keluarga terlebih dahulu, agar anak-anak mau menumbuhkembangkan budaya Batak secara turun menurun.”

Dessy mengatakan, dengan lebih mengenal keluarga akan mampu mengikis pengaruh negatif dari luar, seperti narkoba dan kekerasan. “Peredaran narkoba yang sudah merajalela memberikan dampak negatif kepada anak-anak Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara. Kita terus ingatkan agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga pengaruh-pengaruh buruk dapat dihindari,” tutur Dessy.

Ia merasa khawatir dengan pertumbuhan dan masa depan anak masa sekarang, khususnya di tengah keluarga Batak karena tidak sedikit anak mendapatkan perlakuan kekerasan.

Dalam kesempatan itu, untuk memperkenalkan budaya Batak, PSBI juga menggelar lomba desain fashion kain Ulos Batak, yang selanjutnya dilakukan ‘fashion show’. Acara fashion show itu merupakan salah satu rangkaian Pesta Bolon.

Ketua Panitia Pesta Bolon, Gumanti Simbolon, menambahkan, dalam acara ini digelar sejumlah kegiatan, mulai dari perlombaan olahraga seperti sepakbola, bola voli, catur dan lari.

REKOMENDASI:  Keris : Generasi Muda dan Peran Negara?

Selain itu, ada lomba festival seni dan budaya, diantaranya lomba paduan suara, lomba vokal group Batak, lomba vokal solo anak, lomba cipta lagu Batak, opera Batak, lawak Batak, pameran, bazaar, lomba photo, lomba mewarnai dan kegiatan sosial donor darah.

[NETRALNEWS]

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here