Anang Hermansyah Masuk Bursa Pilgub Jatim

0
83 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID- Rilis lembaga survei Indikator Politik Indonesia untuk Pilgub Jatim, rupanya memunculkan politisi Senayan asal Jember, Anang Hermansyah. Bahkan hasil surveinya, popularitas Anang ada pada peringkat keempat.

Survei Indikator bertajuk “Peta Peluang Para Tokoh Menjelang Pemilukada Provinsi Jatim 2017”, merilis hasil temuan survei yang digelar 3 hingga 7 Mei 2017. Hasilnya, Gus Ipul, meraih peringkat pertama, berikutnya disusul Tri Rismawati, dan Khofifah.

Dalam survei tersebut, Anang, ada 53 persen responden yang tahu sosok politisi PAN tersebut. Sementara responden yang mengaku senang terhadap Anang, ada 60 persen.

Munculnya nama Anang Hermansyah, membuat sejumlah pihak terkejut. Bukan karena Anang artis. Sebab, politisi Senayan dari berbagai partai, faktanya juga ada artis dari Jatim. Namun, hanya Anang yang muncul diantara nama artis jadi politisi asal Jatim.

Anang, sepertinya sedang dikepung popularitas politisi dan birokrat. Seperti Gus Ipul, yang tak lain Wakil Gubernur Jatim dua periode. Tri Rismawati, Walikota Surabaya yang juga dua periode. Belum lagi Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Muslimat NU, yang menjabat berkali-kali dan kali ini jadi Menteri Sosial. Selain itu, ada nama bupati dua periode Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Dan, nama anak SBY mantan calon Gubernur DKI, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), juga muncul ikut membayangi nama Anang.

Pria kelahiran Jember, 18 Maret 1969, itu memang bukan lagi sekedar artis, musisi, pecipta lagu dan pengusaha belaka. Dia, sudah menjiwai predikat sebagai seorang politisi. Buktinya, meski dia dikenal sebagai orang dekatnya Hatta Rajasa, namun saat PAN dipimpin Zulkifli Hasan, nama Anang tetap dipercaya masuk dalam jajaran DPP PAN menjadi pengurus intinya.

Dia, juga memiliki basis yang cukup solid di daerah pemilihan (Dapil) Jatim V Jember – Lumajang. Buktinya, Pileg 2014 silam, dia berhasil meraup 53.559 suara.

REKOMENDASI:  Model Baru Kotak Suara Pemilu 2019

Haris, staf ahli Anang Hermansyah di DPR RI, mengaku sudah mendengar hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis di Surabaya. Katanya, kepercayaan publik Jatim terhadap Anang Hermansyah, tak lepas dari penilaian obyektif masyarakat atas kinerja dan kesungguh-sungguhan, Anang, selama memegang amah jadi dewan. “Masyarakat Jatim mulai cerdas. Menilai berbasis kinerja. Tak heran kemudian, jika nama mas Anang masuk bursa Pilgub Jatim,” katanya, saat dihubungi Indikator Online, Minggu (11/6/2017).

Dia pun mengaku, sampai hari ini Anang, belum menggelar gerakan politik yang lebih konkrit untuk menyiapkan pertandingan di Pilgub Jatim. “Nama mas Anang muncul, karena respon publik. Bukan karena kami yang bergerak melakukan manuver politik. Pasang baliho pun tidak. Semua mengalir begitu saja,” terang mantan pengurus PB HMI tersebut.

Namun meski demikian, Haris, menilai politik di Jatim sangat dinamis. Bisa jadi, Anang, yang belum bergerak kemudian panggilan rakyat semakin kencang,tidak menutup kemungkinan meski PAN di DPRD Jatim hanya 7 kursi, berani tampil maju di Pilgub Jatim. “Sementara ini kami belum melakukan gerakan apa pun. Tapi, semisal rakyat Jatim terus memanggil nama mas Anang, bisa jadi mas Anang benar-benar harus turun gunung demi warga Jatim,” katanya.[*]

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here