Melihat Surga Bawah Laut di Pulau Menjangan Banyuwangi

0
144 views
Pulau Menjangan Banyuwangi
V I S I T U T A M A

VISIT.co.id–Pulau Menjangan, pulau kecil yang terkenal denga surga bawah lautnya bagi pecinta snorkeling dan diving. Keindahan alam bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami dengan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah dan saat musim semi banyak kawanan rusa liar yang berenang kepulau dengan jarak tempuh 1,2 mil.

Namun semakin lama jumlah nya berkurang sehingga pemerintah menjadikan Pulau ini sebagai Taman Nasional Bali Barat untuk konservasi bagi rusa-rusa yang tersisa. Memiliki beraneka ragam tanaman bawah laut yang cantik dan terumbu karang berwarna-warni, habitat ikan-ikan kecil yang lucu, hamparan pasir putih dan birunya air laut yang mengelilingi pulau tersebut.

Keindahan bawah laut Pulau Menjangan memang sudah dikenal sejak lama, kekayaan bawah laut dan keindahan terumbu karangnya tumbuh secara alami dengan aneka biota lautnya yang sudah mendapat pengakuan dunia. Dikelilingi oleh dinding terumbu karang sepanjang 10km, diakui sebagai lokasi selam dengan Wall-Diving (tebing bawah laut) terbaik di Bali.

Pulau Menjangan Banyuwangi

Terdapat beberapa tempat menyelam di Menjangan dengan kondisi dan visibilitas yang sangat baik. Beberapa spot diantaranya Eel Gardens yang sering disebut sebagai spot “terbaik” karena disini dapat melihat beragam biota laut dengan kedalaman 40 meter, lalu Secret Bay cocok untuk anda yang menyukai macro diving, dan yang terakhir Anchor Wreck disini dapat melihat bangkai kapal tentggelam sejak abad ke-19 saat terjadi perang dunia II. Selain snorkeling dan diving, aktivitas lain yang bisa dilakukan yaitu jalan-jalan di pantai atau mengunjungi pura.

Di pulau ini terdapat 8 pura, salah satunya Pura Ganesha yang sering digunakan beribadah umat Hindu. Pura ini dihiasi Patung Ganesha yang menghadap ke laut lepas yang di percayai warga sebagai penjaga perairan Baliagar tetap aman dan asri, oleh sebab itu pulau menjangan temasuk tempat yang disakralkan. Pualu menjangan juga dikenal sebagai surganya para pemancing kerena memiliki spot terbaik untuk memancing.

REKOMENDASI:  Masjid 'Pintar' Terindah Se-Asia

[1001malam/***]

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here