Mengunjungi NEWater, Visitor Center Singapore

0
40 views
V I S I T U T A M A

VISIT.CO.ID–Beberapa waktu, mahasiswa Universitas Setia Budi (USB) mengunjungi Singapore. Ada beberapa hal menarik dan penting yang mereka dapati di negara tersebut seperti dilansir setiabudi.ac.id.

Untuk menambah wawasan internasional serta meningkatkan kompetensi lulusan, Universitas Setia Budi (USB) Surakarta memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kuliah umum dan kunjungan ke luar negeri. Program ini disebut Overseas Studium Generale (OSG). Singapore sendiri dipilih sebagai Negara tujuan Program OSG Singapore merupakan Negara kecil yang sangat maju di bidang pendidikan, perdagangan, teknologi, sekaligus merupakan Negara yang penuh dengan peraturan dan sangat terkenal dengan kedisiplinannya. Tak hanya mengikuti kuliah umum di Nanyang Technology University, dalam OSG sekitar 350 mahasiswa USB juga diberi kesempatan melakukan kunjungan industri di NEWater Visitor Center di Public Utilities Board (PUB) pada Rabu (30/9).

Untuk mencukupi kebutuhan airnya, Singapore mengandalkan 4 Keran Nasional atau Four National Taps. Keempat keran nasional tersebut adalah resapan air lokal, impor air dari Malaysia, reklamasi air atau daur ulang air yang dikenal dengan NEWater, serta desalinasi air atau pemurnian air dari kadar garam. Untuk keran nasional yang pertama yakni resapan air lokal, sebagai sebuah pulau kecil yang tidak memiliki sumber air alami dan danau atau lahan kecil untuk mengumpulkan air hujan, Singapura memaksimalkan apa yang dipunyai. Saat ini, Singapura menggunakan dua sistem terpisah untuk mengumpulkan air hujan dan air yang telah digunakan. Air hujan dikumpulkan melalui sungai, kanal, dan saluran air, lalu disimpan di 17 waduk (reservoir).

Berbagai waduk dihubungkan oleh jaringan pipa sehingga kelebihan air dapat dipompa dari satu waduk ke waduk lainnya. Hal itu untuk mengoptimalkan kapasitas penyimpanan. Waduk tersebut sekaligus juga untuk mencegah terjadinya banjir ketika hujan. Air dari waduk tersebut kemudian disalurkan ke saluran air untuk disaring. Setelah itu, air yang sudah disaring disimpan dalam waduk tertutup sebelum didistribusikan kepada pelanggan.

REKOMENDASI:  Tugas dan Musuh Beda, Mengapa Senjata TNI-Polri Sama?

Keran Nasional yang kedua adalah impor air dari Johor Malaysia. Kerja sama air antara Singapura dan Malaysia diwujudkan dalam dua perjanjian bilateral. Perjanjian pertama berakhir pada Agustus 2011 dan perjanjian kedua berlaku hingga 2061.

Sementara itu keran nasional ketiga adalah daur ulang air yang dikenal sebagai NEWater. Di Singapore, air bekas pemakaian pelanggan dikumpulkan lagi melalui sistem pembuangan kotoran dan dibersihkan di pabrik reklamasi air. Bagi Singapore, air bekas pemakaian bisa menjadi sumber daya untuk diolah kembali menjadi air bersih. Pengolahan air bekas pakai ini menggunakan teknologi membran canggih dan ultraviolet yang disebut NEWater.

Air yang dihasilkan pun kembali murni, bahkan sangat murni, dan sehat untuk diminum. NEWater diklaim mampu menyumbang pasokan air bersih 30 persen dari total 273.000 meter kubik (60 juta galon) kebutuhan air masyarakat Singapore pada 2013. Singapore menargetkan pada 2060, NEWater bisa memenuhi 50 persen kebutuhan air bagi masyarakat Singapore.

Singapore juga memanfaatkan sumber daya air laut untuk pemenuhan air bersih bagi rakyatnya. Dalam keran nasional ke 4 yaitu desalinasi air, air laut disaring dengan proses desalinasi. Desalinasi adalah proses pemisahan yang digunakan untuk mengurangi kandungan garam terlarut dari air garam hingga level tertentu sehingga air dapat digunakan.

George Madhavan menyebutkan, pabrik desalinasi pertama Singapura adalah SingSpring. Pabrik ini diharapkan mampu menambah pasokan air menjadi 70 juta galon atau 318.500 meter kubik per hari. Diharapkan, pada tahun 2060, air desalinasi mampu memenuhi 30 persen kebutuhan air di Singapore.

Dengan melakukan kunjungan industri di NEWater, mahasiswa diharapkan mampu memahami teknologi canggih yang digunakan oleh Singapore dalam mengelola air. Lebih jauh, ke depan diharapkan USB bisa bekerja sama dengan NEWater agar mahasiswa bisa melakukan Praktek Kerja Lapangan.

REKOMENDASI:  DAPATKAN PENGHASILAN PASIF SEUMUR HIDUP

[setiabudi]

STOP BACA BERITA SAAT ADZAN BERKUMANDANG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here