Visit.co.id (Sumenep)–Di dunia wartawan,siapa yang tidak kenal dengan sosok Ferry Arbania ini. Pria yang juga dikenal kago baca puisi ini ternyata memiliki hobi yang tidak diketahui publik,yakni dunia bonsai.

Hobinya ini ternyata mengundang kagum banyak pebonsaai senior lain. Pasalnya, Ferry dinilai kaya ide dengan menggarap bahan bonsai (babon) jenis gambir (Uncaria gambir, Roxb)  yang belum pernah “disentuh” atau di jadikan bonsai oleh seniman lainnya.

Untuk diketahui, Uncaria gambir, Roxb) ini, berdasarkan data Geneva tahun 1991-1995 Indonesia menduduki urutan ke tiga dari 60 negara pengekspor gambir mentah, sedangkan untuk gambir olahan menempati urutan ke tujuh dari 50 negara pengekspor gambir olahan.
Indonesia sebagai pemasok utama 80% gambir dunia, sebagian besar berasal dari daerah Provinsi Sumatera Barat dengan negara tujuan ekspornya Bangladesh, India, Pakistan, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Perancis dan Swiss  yang permintaan ekspornya terus meningkat sepanjang tahun.
“Awalnya saya tidak berpikir jika pohon gambir ini menjadi sangat indah dan menarik setelah dijadikan bonsai.Awalnya saya iseng saja menemukan pohon ini di sebuah pegunungan di Madura.Saat di dongkelpun kami tidak tahu nama pohon ini. Baru tau namanya setelah brosing di google.co.id”,ujar Ferry Arbania pemilik bonsai gambir kepada Redaksi, Senin

Pria yang juga dikenal pengusaha media online ini berharap agar keberasaan seni bonsai didukung oleh pemerintah daerah melalui posting anggaran APBD maupun APBN.

“Konon di Kabupaten Sumenep pernah dianggarkan sekitar Rp 1 miliar pertahun.Namn katanya sudah dihapus oleh tim banggar DPRD priode 2009-2014.” imbuhnya.

Mantan Redaktur Koran Harian Memorandum Surabaya inipun mengajak masyarakat agar mencintai lingkungan dan menyayangi pohon,yang salah satunya dengan cara budidaya bonsai yang saat ini meniliki nilai ekonomi yang tinggi.

REKOMENDASI:  Pohon Gambir, Tanaman Liar Bernilai Ekonomi

Disinggung apakah koleksinya itu akan dijual,pihaknya menjawab dengan senyum diplomatis,

“Kalau yang nawar lumayan,insya Allah bonsai gambir ini saya lepas,” pungkasnya.

Bonsai beringin koleksi Ferry Arbania/Visit.co.id

Selain sibuk menelola media online, mantan Caleg PBB ini juga membuka galeri bonsai disejumlah tempat
Salah satunya Rumah Bonsai Sumenep di Jl.Raya Pasar Mandala,(Karay),Kec. Ganding, Kabupaten Sumenep,Madura.Contak WA:081934935500(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here