14.053 Jemaah Indonesia Sudah Tiba Madinah

VISIT.CO.ID– Fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia memasuki hari ketiga sudah ada 35 kloter jemaah haji Indonesia yang mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Sampai sore ini, sebanyak 14.053 jemaah haji ini sudah tiba di sini,” kata Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Arsyad Hidayat di Madinah, Minggu (30/7), seperti dilansir situs resmi Kemenag.

Tiga hari masa kedatangan jemaah di Madinah, Arsyad menyoroti adanya jemaah yang membawa barang dalam jumlah yang berlebihan. Barang tersebut misalnya berupa jamu dan obat.

“Sore tadi ada barang bagasi jemaah yang tertahan di imigrasi. Barang itu berupa jamu dan obat yang dibawa jemaah dalam jumlah yang tidak wajar, sangat banyak,” ujarnya.

Dia mengimbau jemaah untuk tidak membawa obat, makanan, atau barang apapun dalam jumlah yang berlebihan sehingga memancing kecuriagaan petugas imigrasi. Menurutnya, pihak Saudi memberlakukan aturan yang sangat ketat dalam pengawasan masuknya barang-barang bawaan, apalagi jika terkait dengan obat-obatan.

“Di sini ada semacam lembaga yang mengawasi masuknya obat dan makanan ke Arab Saudi,” tuturnya.

Arsyad berharap ke depan hal seperti itu tidak terjadi lagi karena sangat mengganggu. Sebab, saat semua jemaah sudah keluar melalui pintu terminal haji, petugas PPIH justru masih tertahan sehingga proses berikutnya menjadi terhambat.

Untuk hari keempat penberangkatan, Seksi Layanan Kedatangan dan Pemulangan Daker Madinah merilis bahwa ada delapan belas kloter yang dijadwalkan akan tiba di Bandara AMAA Madinah, sejak malam ini hingga besok sore.

[zul/rmol]

REKOMENDASI:  Wisata Religi Makam Ki Ageng Bungkul

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *