Malaysia menjadi salah satu tujuan berlibur favorit wisatawan muslim dunia. Kehidupan masyarakat lokal yang lekat dengan nilai-nilai Islam ditambah dengan keberadaan banyak destinasi wisata religi plus kuliner halal, menjadikan Malaysia tempat yang nyaman bagi para pelancong muslim.

Untuk mencari fasilitas ibadah pun di negara satu ini terbilang sangat mudah. Ada banyak masjid bertebaran di berbagai area. Mulai dari yang kecil hingga masjid megah dengan arsitektur menawan. Beberapa di antara masjid tersebut bahkan sudah menjelma menjadi destinasi wisata religi karena sukses menarik perhatian wisatawan.

Salah satunya adalah The Crystal Mosque atau Masjid Kristal di Kuala Terengganu. Masjid satu ini sukses mengundang decak kagum wisatawan dunia lantaran kecanggihan dan keindahannya.

Terletak di dalam kawasan Islamic Heritage Park, Kuala Terengganu, Masjid Kristal dibangun di atas sebuah pulau buatan manusia yang disebut Pulau Wan Man. Resmi dibuka pada bulan Februari 2008, Masjid Kristal disebut sebagai masjid ‘pintar’ pertama di Malaysia.

Tak heran dibilang pintar, masjid ini dilengkapi dengan infrastruktur teknologi informasi dan koneksi wifi yang bisa memberi pengunjung akses internet untuk membaca Alquran secara digital.

Masjid yang pembangunannya menghabiskan dana sekitar USD 80 juta ini tak cuma canggih, tapi juga memiliki arsitektur yang menakjubkan. Masjid dibuat dari baja dan kaca sehingga tampilannya mirip kristal.

Bagian dalamnya dilengkapi dengan pendingin udara dan lampu gantung yang berkilauan. Pada malam hari, Masjid Kristal akan diterangi dengan warna-warna mempesona yang memantul dari permukaan kubah dan menaranya. Benar-benar layak jika disebut sebagai salah satu masjid terindah di Asia bahkan dunia.

Di dalam kawasan Islamic Heritage Park, tempat di mana masjid ini berdiri, ada pula sederet replika arsitektur terbaik dari seluruh dunia seperti Taj Mahal di India, Xi’an Minaret di China, Dome of the Rock, dan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam.

REKOMENDASI:  Buntut Putusan PN Kota Bekasi,Ketum YALPK Pasang Dada Untuk Sita Marital

Pengunjung bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengelilingi taman ini, dengan berjalan kaki atau dengan kereta. Berpindah dari satu masjid indah ke masjid indah lainnya. Lalu akhirnya meninggalkan tempat ini dengan perasaan seolah-olah mereka telah melakukan perjalanan keliling dunia.

[Dream]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here